PenasaranYee - Viral di media sosial twitter, Kate Walton membuat sebuah eksperimenyang dilakukan oleh dirinya sendiri. Dia bereksperimen di jalanan Jakarta untuk melihat bagaimana prilaku warga sekitar khususnya para pria terhadap seorang wanita. Dan hasilnya pun mengejutkan, hanya dalam waktu 35 menit Kate mengaku mendapat 13 kali pelecehan oleh pria "nakal"

wanita berdarah Australia yang sudah tinggal di Jakarta selama 5 tahun ini aktif dalam organisasi yang memperjuangkan hak-hak wanita. Tinggal di Jakarta, Kate banyak mengalami pelecehan mulai dari 'catcalling' hingga dipegang dadanya oleh pemotor yang lewat. Dua minggu yang lalu, Kate memutuskan membuat eksperimen untuk mencari tahu apa yang terjadi jika dirinya berjalan sendirian di jalanan Jakarta dari rumahnya yang berlokasi dekat Pasar Mayestik menuju Plasa Senayan.

Perjalanannya itu memakan waktu sekitar 35 menit. Kate melewati jalanan sepi hingga jalanan utama seperti Jl. Pakubuwono. Dalam perjalanannya itu, Kate mengupdate tweetnya untuk memberi tahu apa yang terjadi selama perjalanannya itu.
Kate Walton @waltonkate : Walking to Senayan Plaza from Pasar Mayestik wearing a skirt that doesn't quite reach my knees. Gonna tweet how many times I get harassed

Kate Walton @waltonkate : 1. Pick-up truck of young men yell incoherently at me.
Kate Walton @waltonkate : 2. A group of teenage boys yell out MISTER! MISTER! SIR!! CANTIK!
Kate Walton @waltonkate : 3.  Man in his 20s asks for my phone number without any advance introduction.
Kate Walton @waltonkate : 4.  30 seconds later another young man asks for my number. I ask 'What for?' And he said 'Oh just to keep'.
Kate Walton @waltonkate : 5.  Two men in a row honk their motorbike horns at me.
Kate Walton @waltonkate : 6. Two men in a park leer at me.
Kate Walton @waltonkate : 7.  A pak ogah mutters dirtily at me.
Kate Walton @waltonkate : 8.  Young man asks where I'm going. I tell him he's being kepo/nosy. He asks for my number.
Kate Walton @waltonkate : 9.  Man in his 50s says 'hello mr bean' while staring at my chest.
Kate Walton @waltonkate : A few minutes of peace while I walk along Hang Lekir, which is quiet today.
Kate Walton @waltonkate : 10.  Man in his 50s shakes his head as if in wonder, then tells me I'm beautiful IN FRONT OF HIS WIFE
Kate Walton @waltonkate : 11. Man in his 30s says 'hello mister', 'hi', 'hi' repeatedly as I walk away.
Kate Walton @waltonkate : 12. Food seller yells OH BEAUTIFUL at me.
Kate Walton @waltonkate : 13.  Security guard at STC Senayan whistles at me.
Kate Walton @waltonkate : Made it. 35 minutes of walking, 13 incidences of street harassment.
Kate Walton @waltonkate : For the record, my skirt is loose but does not quite reach my knees. I am wearing a loose, tucked-in t-shirt on top.
Pelecehan memang kerap terjadi, apalagi dijalanan. Banyak sekali pria "nakal" yang membuat para kaum hawa tak nyaman untuk bepergian sendirian. Semoga eksperimen dari Kate Walton ini bisa menyadarkan sekaligus memperingati kita khususnya kaum hawa agar lebih berhati-hati saat di jalan sendirian.